• Selamat datang di Rian Jaya Safety. Kami siap memenuhi kebutuhan perlengkapan safety anda.
  • Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Alat Pelindung Diri (APD)

    Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Alat Pelindung Diri (APD)

    Mengenal Apa Saja Jenis – Jenis Alat Pelindung Diri (APD)

    Semenjak pandemi semua orang berbondong-bondong ingin mempunyai APD atau Alat Pelindung Diri. Bagi masyrakat awam pasti bingung dengan jenis alat ini, apa dan bagaimana alat ini berfungsi. APD sendiri merupakan alat yang dibuat untuk melindungi tenaga kerja yang memiliki fungsi untuk memproteksi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Meskipun alat ini tidak dapat menjamin mengatasi bahaya dan penyakit, namun tetap saja akan meminimalisir kemungkinan tingkat kecelakaan terjadi. Alat Pelindung Diri sendiri digunakan oleh berbagai macam industri, mulai dari industri kesehatan hingga konstruksi. Bagi Anda yang masih awam dengan jenis APD dan fungsinya, berikut penjelasannya.


    Alat Pelindung Kepala, Mata, Telinga, Pernapasan Hingga Muka

    Alat pelindung yang digunakan untuk bagian kepala berfungsi untuk melindungi dari risiko benturan, kejatuhan, terkena benda taja, radiasi, bahan kimia, perubahan suhu yang ekstrem, hingga kotoran dan debu. Alat ini terdiri dari tudung kepala, pelindung rambut (hair cap), helm pengaman (safety helmet), dan jenis lainnya. Sedangkan pelindung mata dan muka digunakan untuk menghindari paparan radiasi pengion dan non-pengion, bahan kimia, benda kecil, uap panas, paparan virus dan bakteri dan bahaya lainnya. Biasanya alat ini terdiri dari tameng muka (face shield), full face masker, kacamata pengaman (spectacles), goggles.

    Dibeberapa industri, alat pelindung telinga dibutuhkan untuk melindungi pendengaran terhadap kebisingan atau tekanan. Alat pelindung telinga ini biasanya  terdiri dari penutup telinga (ear muff), dan sumbat telinga (ear plug). Yang tidak kalah penting adalah alat pelindung pernapasan yang berfunsgi untuk melindungi organ pernapasan dari mikroorganisme, partikulat, uap dan gas, serta cemaran bahan kimia. Jenis ini terdiri dari masker, Re-breather, Air-line respirator, Canisters or Chemical Cartridge, Emergency breathing apparatus, Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA), dan lain sebagainya.

    Tangan, Kaki, dan Tubuh Juga Ada Alat Pelindungnya

    Selain bagian kepala hingga muka, bagian lain yang juga perlu dilindungi adalah seluruh tubuh. Seperti sarung tangan yang berfungsi untuk melindungi tangan dan jari dari bahan kimia, benda tajam, sengatan listri dan suhu yang ekstrem. Sarung tangan sendiri terbuat dari berbagai macam bahan tergantung tujuan perlindungannya, seperti bahan logam, kulit, kanvas, karet, hingga tahan bahan kimia.

    Sebab tubuh juga memungkinkan terkena berbagai macam bahaya, maka pelindung untuk tubuh juga dibuat untuk melindungi temperatur ekstrem,benturan, peralatan dan bahan tajam, radiasi, goresan, mikrobiologi dan lain sebagainya. Jenis ini terdiri dari jas lab, full body suits, jaket, apron, rompi (Vests). Sedangkan untuk kaki jenis alat pelindung seperti sepatu boats berfungsi untuk melindungi dari bahaya seperti benturan beda berat, tertusuk benda tajam, cairan panas atau dingin, tumpahan bahan kimia, jasad renik dan terpleset.

    Gunakan Alat Pelindung Untuk Keselamatan Anda

    Baik saat bekerja ataupun beraktivitas, ada baiknya jika menggunakan peralatan keselamatan yang menunjang keselamatan Anda dan menghindari  Anda dari berbagai bahaya. Pastikan pada saat Anda ingin membeli alat pelindung, beli lah di distributor yang tepat dan alat tersebut sudah lulus uji dan layak digunakan. Rian Jaya Safety menyediakan berbagai macam alat pelindung berkualitas untuk berbagai macam kebutuhan Anda. Kunjungi website kami atau Anda dapat menghubungi kontak yang tertera.

    ×

    Hello!

    Chat with us via WhatsApp

    × Chat With Us via WhatsApp