• Selamat datang di Rian Jaya Safety. Kami siap memenuhi kebutuhan perlengkapan safety anda.
  • Mengenal Kacamata Safety Goggles Beserta Fungsinya

    Mengenal Kacamata Safety Goggles Beserta Fungsinya

    Mengenal Kacamata Safety Goggles Beserta Fungsinya

    Sekitar tiga dari lima cedera mata di tempat kerja biasanya disebabkan oleh tidak menggunakan APD yang tepat, entah itu karena tidak memakai pelindung mata sama sekali atau karena memakai jenis pelindung mata yang salah. Oleh sebab itu, pekerja yang setiap harinya berhadapan dengan potensi bahaya mata di lokasi kerja wajib difasilitasi dengan alat pelindung mata yang sesuai.

    Sebagai contoh, penggunaan safety glasses yang dilengkapi dengan sideshield bukanlah jenis APD yang tepat untuk melindungi mata dari partikel yang berterbangan seperti debu. Sementara itu, pekerja yang membutuhkan perlindungan mata dari benturan juga tidak dianjurkan untuk menggunakan jenis APD yang sama dengan pekerja yang membutuhkan perlindungan mata dari uap atau percikan bahan kimia. Dan saat memilih alat pelindung mata dari bahaya tertentu, setiap pekerja wajib dibekali dengan jenis APD khusus seperti kacamata goggles.

    Apa Itu Kacamata Safety Goggles?

    Safety Goggles merupakan APD yang dirancang untuk melindungi mata dari bahaya tertentu seperti debu, logam cair, kabut, uap, asap, bahan kimia, cairan asam, atau radiasi optik yang dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan fisik. Berbeda dengan safety glasses, safety goggles memberikan perlindungan mata yang lebih optimal karena bentuknya yang mampu menutupi mata sampai dengan 360°.

    Apa Saja Fungsi Safety Goggles?

    Setiap tipe kacamata safety goggles menawarkan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan fungsi dan penggunaan safety goggles berdasarkan tipenya.

    1. Direct vented: Memungkinkan aliran udara untuk masuk ke dalam kacamata melalui lubang ventilasi yang dirancang untuk memblokir objek yang lebih besar dari 1,5 mm. Jenis safety goggles ini cocok untuk digunakan di mana potensi bahaya hanya berupa benturan saja, namun tidak direkomendasikan untuk jenis bahaya seperti uap dan percikan kimia.

    2. Indirect vented: Memberikan perlindungan dari debu dan percikan berbahaya. Bagian ventilasinya yang tertutup dirancang secara khusus untuk menghalangi partikel atau cipratan langsung ke bagian dalam mata, namun tetap memungkinkan aliran udara untuk masuk guna menjaga suhu yang nyaman di sekitar mata.

    3. Non-vented: Jenis kacamata safety goggles ini dapat memberikan fungsi perlindungan yang lebih baik terhadap debu, asap, kabut, uap, atau percikan kimia berbahaya. Namun karena tidak adanya ventilasi yang memungkinkan aliran udara untuk masuk, diperlukan lapisan lensa anti-kabut agar kacamata tidak mudah berkabut.

    Baca juga: 9 Manfaat Untuk Perusahaan Dalam Menerapkan K3

    4. Top and bottom vents reduced: Pengurangan ventilasi pada bagian atas dan bawah memberikan perlindungan mata dari percikan kimia dan debu, juga membantu menahan penetrasi asap ke dalam kacamata sambil tetap memungkinkan sirkulasi udara keluar dan masuk agar terbebas dari kabut.

    5. Indirect top vents closed: Memberikan perlindungan dari percikan kimia dan debu agar tidak jatuh ke atas mata, sementara ventilasi tidak langsung pada bagian bawahnya memungkinkan sirkulasi udara untuk masuk ke dalam guna menjaga suhu dan kenyamanan mata.

    Cedera mata terkait pekerjaan menjadi masalah penting yang harus selalu diperhatikan. Tanpa penggunaan APD yang tepat, kontak langsung dengan bahan kimia atau elemen berbahaya lainnya dapat menyebabkan kebutaan atau luka serius yang tidak bisa diperbaiki. Oleh karena itu, pelindung mata khusus seperti kacamata safety Goggles memberikan garis pertahanan pertama yang penting untuk melindungi salah satu organ tubuh yang paling rentan.