• Selamat datang di Rian Jaya Safety. Kami siap memenuhi kebutuhan perlengkapan safety anda.
  • 4 Fungsi Alat Pelindung Diri Berdasarkan Jenisnya

    4 Fungsi Alat Pelindung Diri Berdasarkan Jenisnya

    Alat safety yang digunakan oleh berbagai sektor pekerjaan memang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan para pekerjanya. Demi keselamatan banyak orang, alat safety memang diperlukan guna mencegah hal-hal buruk terjadi. Banyak pula distributor yang jual alat safety untuk menyediakan alat pelindung diri bagi para pekerja yang membutuhkannya.

    Ada beberapa jenis alat safety  yang bisa digunakan, mulai dari alat safety yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh hingga alat safety untuk keadaan gawat darurat. Ada beberapa fungsi alat pelindung diri sesuai jenisnya yang perlu diketahui.

    1. Alat pelindung kepala

    Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk melindungi kepala dari benturan, terpukul atau kejatuhan benda tajam dan benda keras. Alat ini juga digunakan untuk menghindari kepala dari terpapar radiasi panas, api bahkan percikan bahan-bahan kimia. Helm pengaman memiliki banyak jenis.  Helm proyek biasanya hanya memiliki pelindung bagian atas kepala. Lain halnya dengan para pekerja ketinggian yang biasanya disertai dengan tali dagu.

    • Alat pelindung mata dan muka

    Jenis-jenis alat pelindung untuk mata dan muka biasanya terdiri atas kacamata pengaman, goggles, tameng muka atau biasa dikenal dengan face shield, hingga masker selam. Masinng-masing jenis pelindung ini memiliki standar dan fungsi sendiri. Fungsi dari alat pelindung mata dan muka jelas adalah untuk mlindungi mata dan muka dari paparan bahan kmia berbahaya, paparan partikel, percikan benda kecil, panas serta radiasi gelombang elektromagnetik.

    • Alat pelindung telinga

    Untuk menghindari pendengaran dari kebisingan atau tekanan suara, alat pelindung ini harus digunakan. Jenis alat pelindung ini biasanya terdiri atas sumbat telinga atau ear plug dan penutup telinga.

    • Alat pelindung tangan

    Pelindung tangan yang biasanya digunakan adalah sarung tangan yang terbuat dari logam, kulit dan kain yang tahan terhadap bahan kimia. Alat ini digunakan sebagai pelindung tangan dan jari dari paparan api, suhu panas dan dingin, arus listrik hingga benturan.

    Berbagai jenis pelindung diri yang tersedia biasanya memiliki standar dan jenis yang berbeda, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan masing-masing. Kami menyediakan berbagai alat pelindung diri dengan kualitas terbaik sehingga mampu melindungi pemakainya dari berbagai bahaya yang bisa muncul di tempat kerja. 

    ×

    Hello!

    Chat with us via WhatsApp

    × Chat With Us via WhatsApp