• Selamat datang di Rian Jaya Safety. Kami siap memenuhi kebutuhan perlengkapan safety anda.
  • 8 Jenis Sepatu Safety Beserta Kegunaannya

    8 Jenis Sepatu Safety Beserta Kegunaannya

    8 Jenis Sepatu Safety Beserta Kegunaannya

    Saat bekerja di industri yang memiliki kondisi lingkungan ekstrim, sangat penting bagi Anda untuk mengikuti aturan keselamatan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri seperti sepatu safety. Sepatu keselamatan sendiri memiliki beragam jenis yang berbeda dan dirancang untuk bermacam-macam keperluan industri. Namun terlepas dari apapun jenisnya, sepatu safety dibuat untuk menjaga kaki Anda agar aman dari kemungkinan cedera dan ketidaknyamanan saat berada di tempat kerja.

    Untuk memilih jenis sepatu safety yang paling tepat, tentunya Anda harus menyesuaikannya berdasarkan potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja Anda. Berikut adalah beberapa jenis sepatu safety yang paling sering digunakan beserta kegunaannya.

    1. Water Resistant Shoes

    Dirancang untuk memberikan perlindungan dari paparan air dalam jumlah minimal. Meskipun tidak dapat menahan cairan sebaik waterproof shoes, namun karena memiliki bahan yang lebih ringan, water resistant shoes dapat membuat kulit kaki bernapas lebih baik sehingga cocok digunakan di lokasi kerja selama berjam-jam.

    Baca juga: 7 Merk Sepatu Safety Paling Populer

    2. Waterproof Shoes

    Biasanya dibuat menggunakan bahan dasar karet atau plastik kedap air sehingga mampu melindungi kaki secara maksimal dari cairan sebanyak apapun.

    3. Heel Energy Absorption Shoes

    Berfungsi untuk meredam goncangan tubuh saat melompat, berlari, atau sekadar berjalan, sehingga mampu menghindari cedera yang mungkin terjadi akibat gangguan sendi atau patah tulang tumit, terutama bagi para pekerja yang memiliki kesehatan yang buruk dengan kondisi terkait atau sudah berusia lanjut.

    4. Electrical Hazard Shoes

    Diproduksi dengan material bersifat non-konduktif sehingga mampu menahan sengatan listrik. Cocok digunakan bagi para pekerja yang sering berada di sekitar sirkuit listrik atau mesin dengan tegangan tinggi untuk mengurangi kemungkinan tersengat listrik.

    5. Antistatic Shoes

    Cocok digunakan oleh pekerja yang sering berada di sekitar bahan peledak atau zat reaktif lainnya yang mudah terbakar. Sepatu ini mampu mencegah penumpukan listrik statis pada kaki yang dapat menyebabkan ledakan atau kebakaran.

    Baca juga: 5 Tips Memilih Sepatu Safety Secara Tepat

    6. Metal Instep Shoes

    Pada bagian alas kaki dibuat menggunakan lempengan baja ringan untuk melindungi kaki dari berbagai macam cedera yang diakibatkan oleh tusukan benda tajam seperti batu, paku, atau serpihan kaca.

    7. Steel-Toe Shoes

    Memiliki lapisan pelindung berbahan baja pada bagian atas sepatu guna melindungi tulang kaki agar terhindar dari cedera parah yang dapat disebabkan oleh tertimpa benda berat.

    8. Oil and Fuel Resistant Shoes

    Memiliki lapisan pelindung pada permukaan sepatu untuk mencegah minyak atau cairan berbahaya lainnya agar tidak merembes ke kulit kaki. Sepatu jenis ini juga biasanya dilengkapi dengan fitur slip resistant yang berguna untuk menghindari penggunanya tergelincir saat berjalan di atas permukaan yang licin.

    Setiap pekerja diwajibkan untuk mengetahui jenis pelindung kaki seperti apa yang paling mereka butuhkan, demi menjaga lingkungan kerja agar tetap aman dari potensi bahaya yang mungkin terjadi. Karena itu, selalu pastikan Anda menggunakan sepatu yang paling tepat untuk kebutuhan Anda guna mendapat perlindungan kaki yang paling optimal.

    Kunjungi juga: RIANJAYA Jual Sepatu Safety Berkualitas Harga Terjangkau