Metode pengecekan safety harness / body harness sebagai alat keselataman kerja khususnya pada ketinggian

Metode pengecekan safety harness / body harness sebagai alat keselataman kerja khususnya pada ketinggian

Metode pengecekan safety harness / body harness sebagai alat keselataman kerja khususnya pada ketinggian

Safety harness atau biasanya di sebut sebagai body harness adalah perlengkapan atau alat keselamatan kerja khususnya yang di gunakan untuk melakukan pekerjaan di ketinggian guna melindungi kemungkinan orang terjatuh dari tempat ketinggian.

Prinsip penggunaan safety harness / body harness haruslah sesuai dengan prosedur penggunaan safety harness / body harness yang aman.

Periksa sebelum dan setelah penggunaan dan pemeriksaan safety harness minimal enam (6)  bulan sekali. JIKA RAGU JANGAN DIGUNAKAN.

Safety harness / body harness digunakan di segala situasi di mana pekerja bekerja di ketinggian di mana ada kemungkinan untuk jatuh dari ketinggian lebih dari dua (2) meter atau di segala situasi di mana prosedur kerja menyatakan bahwa safety harness / body harness harus digunakan.

Ada dua (2) tipe pemeriksaan yang harus dilakukan jika kita akan menggunakan safety harness / body harness yaitu :

  • Visual Check – untuk tanda-tanda yang nyata sat digunakan, kerusakan komponen seperti tali yang robek, sambungan yang bengkok atau patah, jahitan yang terburai, dll.
  • Tactile Check – Menyentuh setiap bagian harness dengan tangan untuk mengidentifikasi adanya kerusakan yang terlewat dengan visual check.

Selain itu pemeriksaan safety harness / body harness juga dapat dilakukan dengan :

  • Memastikan bahwa tali pada safety harness / body harness tidak ada yang terpelintir, pastikan dan lepaskan setiap pengencang.
  • Memastikan bahwa safety harness / body harness sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.
  • Memastikan bahwa tidak ada pemakaian yang berlebihan, karat atau kontaminasi bahan kimia (minyak, oli, cairan, dll).
  • harus ada orang lain yang berkompeten untuk melakukan pemeriksaan safety harness / body harness dan memastikan bahwa semua peralatan dipasang dengan tepat.