Jenis – jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Jenis – jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Jenis – jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah alat pemadam kebakaran dalam ukuran relatif kecil, yang dapat di bawa dan di pindahkan dengan mudah. Ukuran APAR antara 1 kg – 9 kg, dan di tempatkan sesuai dengan luas area yang di cover.

APAR di tujukan untuk mengatasi titik api atau kebakaran yang tidak terlalu besar.

Beberapa jenis APAR berdasarkan isinya adalah sbb :

  1. Dry Chemical Powder / serbuk kimia kering
  2. Carbon Dioxide / CO2
  3. Foam AFFF / cairan busa
  4. Hallon Free / pengganti Hallon

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari masing – masing APAR :

  1. Dry Chemical Powder / serbuk kimia kering : Digunakan untuk mengatasi kebakaran dengan penyebab apapun, baik karena benda padat, cairan kimia, maupun korsleting listrik. Namun kelemahannya yaitu meninggalkan residu berupa bubuk putih yang dapat merusak alat elektronik.
  2. Carbon Dioxide / CO2 : Digunakan untuk mengatasi kelas kebakaran hanya kelas B dan C saja, dan paling cocok untuk mengatasi kebakaran yang di sebabkan arus pendek / korsleting listrik.
  3. Foam AFFF / cairan busa : Digunakan untuk kelas kebakaran A dan B, lebih spesifiknya  untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh gas dan cairan seperti gas meledak (LPG, LNG), bensin, solar, alkohol dan cocok untuk memadamkan kebakaran pada benda padat seperti kayu, kain dan kertas. Yang perlu di ingat adalah APAR jenis ini tidak boleh di gunakan untuk mengatasi kebakaran yang di sebabkan oleh arus pendek / korsleting karena mempunyai sifat cairan yang menghantar listrik.
  4. Hallon Free / pengganti Hallon : Digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas ABC sehingga kegunaannya mirip dengan jenis Dry Chemical hanya saja kelebihannya tidak akan meninggalkan residu, tidak merusak peralatan elektronok, dan tidak menghantar listrik (seperti pada Foam based APAR).