Peralatan Panjat Series : Carabiner

Peralatan Panjat Series : Carabiner

Peralatan Panjat Series : Carabiner

Carabiner merupakan sebuah alat untuk pengaman dalam kegiatan memanjat baik tower maupun tebing, selain itu juga di gunakan dalam kegiatan outbond misalnya pada flying fox. Alat ini simpel tapi sangat berguna. Carabiner biasanya digunakan untuk mengaitkan tali ke badan/ Harnes. Carabiner ini terbuat dari logam alloy, logam yang ringan namun kuat. Perlu diingat carabiner ini jangan sampai jatuh, karena jika jatuh berulang ulang akan merusak logam alloy dan tidak menutup kemungkinan jika pada saat di pakai carabiner ini mengalami kerusakan.

Sejarah singkat carabiner
Carabiner berasal dari kata Jerman “Karabinerhaken”, yang berarti “hook untuk karabin”. The carabiner baja pertama yang dibuat khusus untuk pendakian diciptakan pada tahun 1910 oleh seorang pendaki Jerman bernama Otto Herzog.

Berdasarkan model pengamanannya, carabiner di bagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Non screw gate carabiner
    carabiner yang tidak memiliki kunci berulir, biasa di gunakan pada pemanjatan artifisial karena tidak perlu mengunci manual. Berdasarkan sistem lock dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • auto lock carabiner
  • non auto lock carabiner

2. Screw gate carabiner

carabiner dengan kunci berulir, biasa digunakan sebagai pengaman utama dalam suatu pemanjatan artifisial. Berdasarkan bentuknya dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

  • oval carabiner : berbentuk bulat, dalam single rope technique dapat digunakan dalam hampir berbagai macam kondisi
  • delta carabiner : berbentuk huruf D, bermanfaat karena memungkinkan pembagian beban, namun terkadang tidak disarankan digunakan untuk instalasi tertentu
  • heart carabiner : berbentuk segitiga sama kaki, baik untuk tambatan rescue karena memungkinkan banyak tali di tambatkan
  • A carabiner : berbentuk huruf A, fungsi hampir sama dengan heart carabiner

tipe2 carabiner